Tutorial membuat video karya sendiri di windows

untuk membuat video atau menyambung video bahkan bikin video slideshow gambar tidak usah bingung bingung karena di dalam komputer kita sudah di sediakan oleh windows yaitu aplikasi windows move maker
namun jika anda kurang puas dengan kinerja windows move maker anda juga bisa menggunakan sofware lain misalnya sony vegas contohnya.tapi tidak jauh berbeda dengan move maker milik windows.
dalam tutorial ini saya akan berikan sample hasil video menggunakan windows move maker.
berikut hasil pembuatan saya sendiri menggunakan move maker saya buat hanya sebagai contoh saja.


Oke langsung saja kita mulai yaah karena langkah2nya cukup panjang ne.

Untuk membuka aplikasi ini cukup klik Start > All program >cari windows move maker .


silahkan klik windows move maker dan akan tampil area kerja move maker  seperti gambar dibawah ini




Berikut penjelasan angka-angka yang saya lingkari  di atas pada area kerja windows move maker

1. Capture Video
- Capture From Video device : untuk menyalin video dari handicam atau camera atau dari webcam laptop anda
- Import Video : impor video dari dari harddisk
- Import Pictures : impor gambar dari harddisk
- Import Video or Music : memasukkan music

2. Edit Movie
- Show collection
- View Video effects
- View Video transitions
- Make and auto movie

3. Finish movie :
- Save to my computer
- Save to cd
- Send e-mail
- Send to the web
- Send to DV Camera

4. Storyboard / Timeline : merupakan area kerja untuk melakukan proses pembuatan klip video
5. Area tempat file-file hasil import baik Picture, video maupun audio/music.
6. Preview dari file video yang sedang kita kerjakan.

Untuk memasukkan file  silahkan klik impor file. video > gambar > dan audio. yang ada di sebelah kiri area kerja move maker. dan akan nampak seperti gambar berikut




impor file yang anda butuhkan sesuai selera anda dengan cara yang sama diatas.setelah file file yang dibutuhkan terkumpul dalam ruang colection. langkah selanjutnya kita gabungkan file tersebut dengan cara drag file file tadi ke story board dibawahnya. (no 4 pada gambar yang dilingkari di atas)
lalu akan tampak seperti gambar dibawah ini hasilnya setelah anda gabungkan file tadi


Jika anda ingin memberikan audio atau mau mengganti audio ,anda bisa menambah lagu berformat mp3 yang dapat anda impor dari komputer anda. agar hasilnya lebih bagus carilah lagu yang sesuai dengan selera anda.
cara memasukkan mp3 ada di menu impor di sebelah kiri.


klik play setiap melakukan perubahan agar gampang mengontrol hasilnya.

jika anda ingin menyisipkan teks  silahkan klik make titles or credits disebelah kiri menu no 2 edit movie.
maka akan tampil halaman menu yang bisa anda pilih sesuai selera masing2 gaya tampilan teks yang akan anda buat.

agar hasilnya manis kasih efek di setiap sambungan video /gambar slideshow. untuk memilih efek klik view video transition . tampilan nya seperti gambar dibawah ini
sampai disini video anda sudah jadi..jika masih pengen memodifikasi lebih jauh silahkan berkreasi dan pelajari satu per satu menu menunya. dan cari sendiri gaya yang sesuai dengan selera sobat. langkah terahir menyimpan video anda .ke komputer atau ke kaset CD dengan cara klik menu di sebelah kiri yang berjudul Finish move no 3. dan silahkan pilih mau di simpan dimana saja sesuai ke inginan anda .(simpan saja di komputer dulu) dengan klik save to my komputer beres deh hehehe waduh capek juga ternyata bikin tutorial cara bikin video karya sendiri di windows ini hihihi ahirnya saya ucapkan selamat mencoba semoga bermamfaat... thanksss atas kunjungan dan komentar anda.

Post a Comment

40 Comments

  1. terima kasih tutorialnya gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mas ...terimakash yaa atas kunjungan mas udik..
      sukses selalu

      Delete
  2. Wah..tutorialnya mudah dimengerti Mas.Trims nih buat tutorialnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh ada blogger tangguh profesional datang berkunjung nee hehehe..

      apa kabar mas abed..? lama juga gak bertemu hehehe
      terimakasih ya atas kunjungan mas abed saragih.nanti saya jalan2 ke blog kerren mas abed.pasti banyak yang bermamfaat buat saya hehe

      Delete
    2. Waduh Mas...saya tidak terlalu blogger tangguh dan profesional.Saya kan cuma belajar dari Google semuanya. Makanya bisa ngeblog sampai sekarang :).Mas pun demikian bisa jadi profesional asal bisa belajar dan punya kemauan besar terhadapa blogger :).

      Kabar saya baik Mas? Kabar Mas gimana dan keluarga disana?

      Iya saya udah lama gak berkunjung ke blog Mas. Maklum udah gak ingat sama teman-teman WP lagi karena jarang aktif seperti dulu lagi.Tapi setelah saya kesini semoga silahturahmi itu terjaga kembali seperti silahturhami di WP dulu.

      Mas kalau masalah tukran link ntar saya kabarin ya.Soalnya modem saya lambat :). Pokoknya nanti saya kabarin kalau udah saya pasang :)

      Trima kasih Mas atas kunjungannya :)

      Delete
    3. saya juga pengen belajar banyak mas .cuma lom punya alat perang yang tangguh.kadang2 cuma browsing dengan hp.sedangkan menulis posting pakek hp susah banget heheh..jadi buat posting dari warnet saja hikz hikz.
      oya saya juga kangen dengan teman2 wp mas.saya rencana mau buat accont lg untuk masuk forum wp.com.bukan mau bikin blog wp lg.tp agar teman2 wp tidak hilang itu aja.coz tujuan saya ngeblog untuk mencari teman dan shabat selain belajar.

      oke mas abed gpp klo masih terkendala masalah modem saya bisa mengerti coz saya juga begitu keadaannya.semoga aja dengan adanya link di blog kita akan lebih gampang bersilaturahmi kedepannya.
      oya jangan lupa pesanan saya mas klo ada program linux nya yaah hehhe
      makasih mas abed sebelomnya

      Delete
    4. Mas,,, linknya udah saya pasang.Trims ya uda saling bertukar link.Semoga silaturahmi dan persahabatan tetap erat dan satu :).

      Pesanan mas tentang program linuxnya ntar saya coba carikan.Mudahan dapat.

      Trims Mas.

      Salam Persahabatan.

      Delete
    5. jiaaaaaaaaaaah, dua blogger senior sedang bercengkerama.

      Delete
    6. Matur shuwun mas abed dah pasang link saya.
      Dan terima kasih bnyak upayanya membantu carikan program yg saya butuhkan
      Semoga juga persahabatan semakin kental mas..
      Thanks banyak:-D

      Cumakatakata@
      Anggap aja reoni mas hehehe

      Delete
    7. Sama-sama Mas.

      hehe Mas Cumakatakata datang juga kesini ya :)

      Ikut meramaikan dia :)

      Delete
  3. wah tutorial ini memudahkan kita untuk mencoba membuat Video bisnis di dunia online, tidak kalah dengan para profesional

    ReplyDelete
  4. terimakasih gan atas kunjungannya..
    toko online nya kerren banget..
    kapan kapan pengen juga punya toko online..tp masih belom ada modal hehehe

    sukses selalu buat agan toko online wordpress

    ReplyDelete
  5. bermanfaat sekali...save page gan

    hadir kunjungan siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kunjungannya mas qiqiq...moga tidak bosan main ketempat ini hehehe
      Sukses selalu buat blig agan:-D

      Delete
  6. bolehlah buat video sederhana dg win movie maker,
    penggunaannya pun sederhana, mudah dan gak ribet,

    ReplyDelete
  7. nedi arwandi@
    thanks gan atas kunjungannya...
    buat agan yang sudah pengalaman banyak..bole dunk dishare ilmunya disini hehhee

    ReplyDelete
  8. Bertamu untuk sapa sobat disini :)

    Apa Kabar Mas Hari ini ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. met siang mas abed..soory baru bisa balas ..coz lg sibuk di website baru hehehe
      kabar saya baik mas semoga mas abed juga sehat2 saja dan sukses

      Delete
    2. Hehe..toko onlinenya mantap juga Mas.. :)

      Kayaknya udah jadi pengusaha ini :)

      Delete
    3. masih belajar gan...dan masih belom punya pruduk resmi ..heheh

      sudah saya balas komentar mas abed tadi.. dan maaf tadi tak terlihat coz komentar sobat masuk folder spam hehehe jadi balasnya telat deh ..hehehe

      Delete
  9. Wah, jadi pengen buat video trus upload ke Youtube nih,

    makasih postingnya gan, bermanfaat.

    Salam kompak dari admin Majalah Siantar.

    Hendrikson FBI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba gan.. terimakasih atas kunjungan agan..
      salam kompak juga untuk blogger indonesia
      dan salam sukses selalu buat majalah siantar

      Delete
  10. Kunjungan Magrib Gan...

    wah saya juga sering main ketempat Mas Abed, dan sekarang saya punya banyak koleksi softwar berkat beliau...

    ReplyDelete
  11. kok di W7 saya gak ada ya Gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh saya lom pernah coba di w7 gan..tp saya rasa ada program sejenis coz itu program resmi milik microsoft.
      tapi jika tidak ada agan bisa pakek vegas 7 .langkah langkahnya tidak jauh berbeda dengan windows move maker cuma beda cara ngesave nya.
      klo di vegas tekan control + M untuk menyimpan hasil editan agar berformat mpg,mp4,avi dll

      Delete
  12. Aktualnie biura rachunkowe nie muszą narzekać na zbyt
    małą ilośc zainteresowanych klientów. Zgłaszają się do
    takich przede wszystkim przedsiębiorcy, którzy prowadzą
    małe firmy. Takich przedsiębiorców jest
    na dzień dzisiejszy na rynku naprawdę dużo. Prowadząc i obsługując na własną rękę działalność gospodarczą, nie można o wszystko zadbać osobiście.

    Mając to na uwadze korzystają oni z usług zaproponowanych
    na rynku, które są się naprawdę dobrym wyjściem.
    Wybraną z dziedzin, jaka zajmuje się obsługą takiej działalności gospodarczej jest właśnie rachunkowość proponująca propozycje księgowe,
    która ma czuwać na zgodnością finansów w każdej działalności.
    Look at my webpage Extor

    ReplyDelete
  13. numpang belajar mas iponk.. slm sukses dan slm kenal

    ReplyDelete
  14. Coba lihat disini, https://youtu.be/6jAudBchog0 . Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  15. siang gan,,,klo buat video untuk di iklan2 tv itu make software apa ya,,,bagus2 bngtttt

    ReplyDelete
  16. kalo yang pakai windows 8 gak ada all program, trus gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sy sendiri belum mahir dengan windows 8 heehehe

      Delete
  17. makasih tutorialnya . jangan lupa kunjungi www.sinopsisfilm.club

    ReplyDelete
  18. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete
  19. Thank you for giving us the knowledge of what you have described. do not forget to visit our website :

    Daftar Informasi Judi Bola
    Poker Online
    Judi Poker Online
    JayapokerQQ
    Afapoker99
    Ganool

    ReplyDelete
  20. Tutorialnya sangat bermanfaat, makasih

    ReplyDelete