Pertama tama Rajacolek blumbungan ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa yang terahir alias final kelaparan di siang hari  sebelum makan sahur tulis post dulu deh hehehe...
lama juga rajacolek vakum di blog/website berhubung sangat sibuk dengan offline work ahir ahir ini..hehehe
oke fokus pada judul post  cara memasang widget daftar isi di blog yang akan saya bagikan tips dan panduannya. widget daftar isi ini mirip sekali dengan daftar isi di blog wordpress miskipun cara dan tehniknya berbeda tapi hasilnya sama saja dan bisa berjalan baik di blogspot.
kalau dulu saya memasang daftar isi menggunakan menu/laman  tapi untuk melihatnya harus klik menu dulu baru daftar isinya bisa tampil ,menurut saya cara tersebut kurang praktis dan widget daftar isi yang akan saya bagikan ini menurut saya yang paling praktis..
kurang lebih tampilannya seperti gambar berikut



oke langsung saja simak langkah langkah berikut ini.
1-login ke blogger sobat
2-masuk ke tataletak dan pilih add new widget/tambah widget
copy paste code dibawah ini

     <div style="border: 1px solid rgb(0, 0, 0); height: 200px; overflow: auto;">

<script src="https://sites.google.com/site/bloggermyblog/TableOfContents.js">
</script>
<script>
var numposts = 1000;
var showpostdate = false;
var showpostsummary = false;
var numchars = 100;
var standardstyling = true;
var shownumposts = true;
</script>
<script src="/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&max-results=999&callback=showrecentposts">
</script></div>
<div align="right" style="font-size: 11px; padding: 16px 5px 5px;">
3- paste di widget yang tadi anda buat dan beri nama daftar isi atau apa saja sesuai keinginan anda
silahkan atur tinggi sesuai dengan blog anda dengan mengubah angka yang saya beri tanda biru di atas dan untuk lebar sudah saya set auto  selesai dan lihat hasilnya

cukup mudah dan sangat praktis karena langsung bisa di tampilkan di halaman  sehingga pengunjung blog bisa memilih artikel2 yang sudah anda tulis sebelumnya  dengan begitu pengunjung blog anda bisa lebih betah dan mudah merobek robek semua postingan anda , hehehehe..
oke selamat mencoba dan salam sukses dari saya rajacolek blumbungan pamekasan