Cara posting multi kolom di wordpress.com dan blogger

ini salah satu postingan blog  wordpress  saya yang berhasil saya selamatkan miskipun ratusan postingan saya di wordpress tersebut hangus tidak bisa di selamatkan.
miskipun ada file backup yang tersimpan di komputer tapi tidak byak membantu karena file gambar dalam artikel artikel saya berada di hosting wordpress.com yang sudah saya tutup blognya.
dikarenakan artikel artikel tersebuat kebanyak artikel tutorial dan panduan  maka akan membigungkan yang baca jika tidak ada gambarnya. hehhee

Oke tutorial blogger dan android khusus  newbie kali ini akan membahas cara membuat postingan terbagi dalam 2 kolom kanan dan kolom kiri ,juga terbagi dalam 3 kolom kanan,tengah dan kiri.bahkan bisa dibuat postingan ala koran dan majalah,tinggal di sesuaikan dengan selera masing masing. dan saya beri julukan postingan multi kolom dalam istilah saya hehehe


postingan seperti ini kadang kadang diperlukan untuk membuat halaman khusus agar berbeda dengan posting-posting di halaman utama,  bisa juga digunakan untuk blog berbasis bisnis online yang sedang promosi berbagai macam produk dengan macam macam banner,sobat bisa memasang banner banner bisnis anda  di masing masing kolom yang anda buat


  .miskipun postingan seperti ini sudah jadul dan sudah banyak di bahas di blog tetangga namun masih bnyak pula yang bertanya gimana cara membuatnya. melihat dari banyaknya pertnyaan yang datang tidak ada salahnya saya ikut membahas cara membuat postingan yang dibelah dua ini sapa tau masih bermamfaat buat yang belum mngetahuinya   betul gak???hehe

oke langsung saja ikuti langkah langkah berikut ini.(cara ini bisa di terapkan di blog wordpress.com)

 setelah anda berada dihalaman new post anda cukup menambahkan kode script dbawah ini untuk membuat postingan menjadi dua atau tiga kolom.





pilih format HTML  saat menulis  jangan  mnggunakan format VISUAL/COMPOSE

  •  berikut ini script untuk contoh membuat posting 2 kolom

    <table cellpadding=”10″ cellspacing=”10″><tbody> <tr> <td align=”justify” valign=”top” width=”250″> tuliskan postingan anda disini untuk posisi kiri</td><td align=”justify” valign=”top” width=”250″> tuliskan postingan anda disini untuk posisi kanan</td> </tr> </tbody></table>
  • Dan berikut ini contoh membuat postingan menjadi 3 kolom

<table width=”500” border=”0” cellpadding=”0” cellspacing=”10”> <tr> <td width=”166” valign=”top”>tuliskan postingan anda disini untuk posisi Kolom 1…</td> <td width=”166” valign=”top”>tuliskan postingan anda disini untuk posisi Kolom 2…</td> <td width=”166” valign=”top”>tuliskan postingan anda disini untuk posisi Kolom 3…</td> </tr> </table>


NOTA:

silahkan ganti teks yang berwarna di atas dengan  isi postingan anda,silahkan sesuaikan sendiri kerapian postingan anda dan pastikan setiap masing masing kolom rata.

jika anda mau membuat lebih banyak lagi kolom tinggal menambah code berikut </td> <td width=”166” valign=”top”> dan jangan lupa di tutup dengan code berikut di ahir postingan </td> </tr> </table>

 silahkan di modif sendiri sesuaikan dengan lebar area posting di blog anda ,angka 500 yg saya cetak tebal diatas menunjukkan aria posting lebarnya 500px.
sesuikan juga angka border/cellpadding/cellspacing dll.

oke terahir saya ucapkan selamat mencoba ..moga aja bermamfaat buat yang masih belom mengetahui cara di atas.. 

Post a Comment

16 Comments

  1. Waaahh bermanfaat ini mas..

    Dulu pke wordpress ya mas..?? Koq gak di pke lagi?

    ReplyDelete

  2. iya mbak dewi...tp wordpress saya ke na pinalti tos wordpress.com newbiengetop.wprdpress.com dan blumbungannews.wordpress.com kedua blog tersebut masing2 page rank 3 google. kesalahan saya kena banned wordpress.com karena saya tautkan akun wordpress lama saya yg beberapa tahun silam (pernah kena banned)dengan kedua blog baru saya tersebut dan kedua blog saya itu saya pakek user dan profil wordpress lama yg pernah kena banned. yaah ahirnya kesalahan itu berakibat buruk pada kedua blog kesayangan saya ,artikelnya saya pindah ke http://rajacolek.16mb.com namun karena artikel saya tentang tutorial dan panduan maka membingungkan klo dibaca karena tidak ada gambar sama sekali hehehe..jadi males buka blog yg itu oya makasih mbak dew kunjungannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan, emang kl di Blogger lebih aman dari WP?

      Delete
  3. Kunjungan balik Bro....postingan tutorial seperti ini yang justru sangat bermanfaat buat akang yang ngeblog-nya cuma bisa nulis doank (nggak ngerti otak-atik blog). Malah kalo tutorial yang "high level" akang nggak ngerti cara make-nya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih junjungan baliknya gan..moga gak jemu main kesini hehe
      Saya hanya berbagi pengalaman saja kok gan:-D
      Sukses selalu buat agan

      Delete
  4. bermanfaat sekali gan

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan...blog agan juga bagus bsgus infox hehe

      Delete
  5. Replies
    1. Bukan masalah aman to tidaknya gan.cuma klo d wp sangat ketat persturanya.dan di blogger di berikan kesempatan mendesain blog sesuai keinginan.jd bgus juga buat yg suka belajar web design.
      Kko cuma mau menulis ato membuat catatan blog wp sangat bangus.
      Klo mau belajar oprek2 wp harus punya hosting sendiri.yg gratisab mau pun berbayar.baru bisa masuk ke system editor dan plugin.
      Kira2 brgitu perbedaan wp dgn blogger hehe
      Thanks kunjungannya gan

      Delete
  6. Ratusan postingan hangus, Gan? Wah, sayang banget ya. Baru tau saya nih kalo file gambar ternyata ngga ikut di-backup. Padahal itu yang penting ya, Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar gak ikut terbackup gan nando..cara yang lebih cerdas sebaiknya download all nmedia di dashboard untuk menjaga2 kena banned hehehe
      semoga teman2 yang lain tidak mengalami nasib yang sama dengan saya dan mas abed saragih.
      makasih gan nando atas kunjungannya.
      maaf klo baru sempat balas.. coz saya lagi pusing dan sibuk membangun website baru hehehe main juga deh ke www.rajacolek.com

      Delete
  7. Wah,. oke juga nih. tipsnya terima kasih gan,.
    aku coba yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gan. .dimodifikasi sesuaikan dengan template yg di pakek..hehe

      Delete
  8. mantap gan dan wajib untuk di coba nih

    ReplyDelete