assalamualaikum sobat rajacolek blumbungan.. pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang inverter sederhana yang mana alat ini berguna sebagai lampu emergency /penerangan darurat di saat lampu PLN padam dan juga berguna untuk lampu porteble yang bisa dibawa kemana saja  karena ukurannya yang kecil dan simple.
inverter ini menggunakan batrey bekas hp  yang mana hp tersebut sudah rusak namun batreynya masih bisa digunakan miskipun dah bertahun2 tidak dipakai (saya carinya pun lumayan susah karena harus bongkar2 tumpukan barang bekas dirumah saya hehehe)
membuat inverter ini sangat mudah dan tidak menguras isi dompet coz kebanyakan memakai barang barang bekas semua. yang beli cuma transistor dan kawat email saja .

Berikut videonya



inverter ini saya bikin modifikasi dari dua circuit yang saya gabung . travo saya menggunakan system inverter sederhana dan rangkaian saya menggunakan sstem joule thif (joule ringer).  sehingga inverter ini bisa bekerja dari asupan dc yang kecil maupun yang lebih tinggi.
saya sudah  coba dari tegangan 1.5 batrey AA sampai accu 12v aki motor. dan semuanya berjalan dengan baik cuma perbedaannya cahaya lebih terang jika menggunakan daya yang lebih tinggi .

dari semua percobaan yang saya lakukan saya menyimpulkan untuk menggunakan tegangan menegah saja  yaitu dari  3,5v -7,5v dc.sebagai input dan 220v ac sebagai output

untuk sampai ke 220v ac kita perlu minimal 400 lilit pada scondary dan gulungan primary  ambil tengahnya saja dari 15-35 lilit agar bisa menggunakan arus dc yang menengah dari 3,5v -12v Dc.
karena tujuan saya membuat inverter ini akan digunakan untuk menghemat energy  dirumah saya.
inverter ini saya pasang di ruang tamu dan dalam kamar . disaat listrik PLN menyala saya gunakan inverter ini menggunakan  charger hp (iphone 3gs) sebagai pengganti batrey  jadi setiap hari inverter ini saya pakai.   disaat listrik padam tinggal colokkan kabel batrey yang sudah di sediakan sebelumnya..
praktis bukan? sooo...inverter ini menjadi multi fungsi yang lumayan menghemat energy sampai 75%
karena seperti yang kita tau lampu emergency saja masih mahal harganya  klo yang mnggunakan led super brigh harganya di atas 100rb  .
dari pada kita menguras isi dompet lebih baik bikin sendiri toh fungsinya sama saja betul gak?? hehehe
oke saya kira cukup sampai disini dulu ..nanti kita berjumpa kembali di postingan berikutnya  yang rencananya saya akan membahas tentang  motor bedini sederhana dari bahan bahan bekas .

oke terimakasih atas kunjungan dan partisipasinya sobat.. sampai jumpa di post berikutnya..
selebihnya  kita bahas di kolom komentar saja  setujuuuu???
byee byee