Bedini motor ssg sederhana yang terbuat dari bahan apa adanya ini adalah awal  percobaan saya yang selama ini tertunda karena minimnya komponen electronic di daerah pasar blumbungan dan sekitarnya seperti  magnet ,dioda ,bahkan potensio 1k pun tidak ada disini.
jadi pada proyek pertama ini saya buat asal jadi dengan bermodal barang barang bekas  dan mencoba coba persamaan komponen dan ahirnya motor bedini ini selesai juga.



saya berencana membangun motor bedini generator prototype   tapi saya kesulitan menemukan bahan bahannya di daerah pamekasan  ,
dibawah ini adalah video hasil projek pertama bedini  charger saya


bisa sobat lihat dalam video tersebut bahan bahan yang digunakan semuanya dari bahan bahan bekas (rop porop) kata orang sini hehehe.
 - magnet saya pakai magnet bekas dinamo stater sepeda motor ,miskipun tidak begitu kuat namun magnet tersebut mampu berjalan.
- rotor saya menggunakan rotor pompa air yang sudah saya modifikasi menjadi rotor permanen magnet
\- dan coil saya menggunakan bifilar coil dengan kawat ukuran 0,3 pada trigger coil dan kawat ukuran 0,4 pada bagian  power coil  dengan jumlah lilitan kurang lebih 500 lilit
- transistor saya menggunakan  transistor NPN 2N3055
- dan dioda saya menggunakan UF4007 yang saya bongkar dari power suply komputer  karena di daerah saya dioda IN4001  tidak ada jadi saya mencoba persamaannya UF4007 dibagian stater motor dan IN4007 dibagian output  batrey charger
- potensio saya menggunakan 20k  karena disini tidak ada potensio 1k  jadi saya coba 20k  bisa juga berjalan namun tidak maxsimal dan nyaris tidak berfungsi sebagai control speed.

untuk membangun motor bedini yang full power dibutuhkan magnet yang kuat seperti magnet neodymium dan sejenisnya. karena kekuatan magnet sangat berpengaruh pada performa motor dan arus output motor
.dengan menggunakan magnet yang kuat kita pun bisa memodifikasi coil  dengan arus yang lebih besar dan tegangan yang lebih besar. dan bisa pararlel coil sampai 12coil  saya kira cukup buat generator mini untuk kebutuhan rumahan
berhubung magnet neodymium masih sangat mahal harganya dan susah dicari  itu menjadi faktor utama yang menjadi kendala pembangunan bedini motor ini..
mungkin suatu saat nanti klo alat tempurnya sudah tersedia semua  proyek pembangunan motor bedini prototype saya  bisa terwujud ... aminnnn hehehhe
 oke sampai disini dulu postingan kali ini dan kita jumpa lagi di post berikutnya..
salam sukses