tips booting laptop toshiba satellite pro c640

berdasarkan pengalaman pribadi saya yang kesusahan merubah settingan boot toshiba satellite c640 ke booting  CDROOM.karena di menu boot agak berbeda dengan yang biasanya saya ketahui(maklum gue gaptek)hehehe

saya sudah bolak balik masuk bios /system utilities laptop ini tapi tetap saja tidak berhasil booting ke CDROOM karena setingan defaultnya booting ke hardisk.

karena saya sudah pusing dan hampir menyerah saya putuskan untuk beristirahat,saya tutup laptop itu lalu saya merokok dan mulai berfikir kira2 seperti apa solusinya.setelah pikiran segar kembali saya coba lagi.


untuk masuk ke menu BIOS /SYSTEM UTILITIES saya tekan tombol F2 dan ketika saya coba tekan tombol F12 ternyata masuk ke menu booting tunggal (cuma menu boot yang muncul)sebenarnya sama dengan kita memilih tombol F2 lalu masuk BIOS setting dan pilih menu BOOT.yang isi menunya seperti berikut
  1. HDD/SSD                        TOSHIBA MK5075GSX(S1)
  2. ODD                                  MATSHITADVD-RAM UJ8B0(PM)
  3. USB
  4. FDD
  5. LAN                                 ATHEROS BOOT AGENT

untuk booting ke CDROOM cukup memilih menu no 2 itu dipindah ke paling atas dengan cara menekan tombol F5/F6 sebagai menu select. lalu tekan tombol F10 dikeyboard untuk menyimpan settingan dan kluar dari BIOS. dengan begitu booting laptop akan di arahkan ke CDROOM.

PERMASALAHAN CARA BOOTING KE CDROOM SUDAH SELESAI.

sekrang masalah baru.karena laptop TOSHIBA SATELLITE PRO C640 kompatible dengan windows7 ini jadi masalah baru buat saya karena teman saya(yang punya laptop)ini tidak mau menggunakan windows7 karena terlalu lambat berjalan di laptopnya.coz RAM yang ada cuma 1GB. sedangkan windows7 ultimate/windows7 profesional butuh memory(RAM)di atas 1GB agar bisa berjalan normal(tidak lambat)

saya coba berulang-ulang instal windowsXP tapi selalu gagal ketika masuk LOADING WINDOWS IS STARTING langsung error dan kluar screen biru  dengan pesan awajalawa(maksudnya saya tidak mengerti pasti gitu coz bahasa inggris)xixixixixi...tapi analisa saya pesan itu berisi pemberitahuan klo system telah ditolak.karena toshiba satellite ini cuma kompetible dengan windows7.tapi saya memaksa mau down-grade ke windows XP. hehehe

lagi lagi saya dibuat pusing 7keliling(pegangan bozz biar gak jatoh haha)  ahirnya saya ubek-ubek lagi tu menu BIOS dan walhasil ahirnya berhasil sil sil..heheehe

saya melakukan perubahan berikut di menu SET-UP UTILITY

masuk ke menu ADVENCED yang berisi menu sebagai berikut:
  • BOOT SPEED                                                                       [NORMAL]
  • EXECUTE-DISABLE BIT CAPABILITY                    [AVAILABLE]
  • VIRTUAL LIZATION TEHNOLOGY                          [VT-X ONLY]
  • BEEB SOUND                                                                      [ON]
  • USB LAGECY EMULATION                                          ENABLED]
  • >SYSTEM CONFIRGURATION

silahkan pilih menu terahir system configuration lalu tekan enter. akan kluar menu sebagai berikut
  • BUILT-IN LAN                                                                  [ENABLE]
  • INTERNAL POINTING DEVICE                                 [ENABLE]
  • WEB CAMERA                                                                   [ENABLE]
  • SATA CONTROLLER MODE                                         [NOT COMPATIBILITY]
  • POWER ON DISPLAY                                                     [AUTO-SELECTED]

nah agar windows xp bisa di instal  silahkan pilih SATA CONTROLLER MODE (di menu diatas) lalu tekan enter terus anda pilih ACHI/ COMPATIBILITY

stelah selesai memilih tekan tombol F10 dan tekan enter untuk menyimpan settingan.  masalah selesai dan windows xp sudah bisa di instal di laptop toshiba satellite pro c640.

sekrang saya kesusahan driver laptop ini yang support windows xp..hehhee.. karena saya sedang mencari-cari driver postingan ini saya tutup dulu yaaa.nanti jika ada master yang mau menambah atau melengkapi postingan ini di tunggu masukan dan sarannya di kotak komentar...oke..thanks sebelomnya.

selamat mencoba

Post a Comment

65 Comments

  1. semoga bisa bermamfaat.....

    thanks juga telah berkunjung:P

    ReplyDelete
  2. kebetulan ini yang saya cari2....makasih bnyak telah bermurah hati berbagi ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  3. terimimkasih farah...ternyata u pinter banget yaaa

    ReplyDelete
  4. aiseh kmu salah....post tu bukan farah yg buatlah,....tu raja colek yg buat....

    ReplyDelete
  5. ini kan blog u farah...dan post ini juga ada di fb u kan?

    ReplyDelete
  6. makasih infonya berguna banget nihh

    ReplyDelete
  7. thanks infonya sangat membantu sekali...

    ReplyDelete
  8. haya banyak tanya plak...klau ade kat fb aku...npa ada masalah ke?

    ReplyDelete
  9. pndai je..aku tak knl pon tu spe tauuuu.....

    ReplyDelete
  10. hahaha...yakin ke???macam betuulll....ingatkan semalaman bersibuk ria denganx

    ReplyDelete
  11. amboi ayat tak bo leh blah....suka suki ckp aku sibuk....kmu yg sibuk or aku sibuk....wuek

    ReplyDelete
  12. kamulah yang sibuk....jelas km yang hilang karena sibuk dengan cowok2 barunya sampai inbox tak sempat balas

    ReplyDelete
  13. kamu la yg sibuk....macam nak tak nak je bals inbox aku...
    dari pada d cuekin baik aku blah....daripada malu sndiri....

    ReplyDelete
  14. dapat ilmu nih .... ;)
    terimakasih gan infonya ....

    ReplyDelete
  15. Izin baca-baca sambil nyimak :)

    ReplyDelete
  16. pengalaman pribadi yang bikin pusing gan ...karena takut lupa di catat aja dipostingan hehehe makasih kunjungannya

    ReplyDelete
  17. mas abed berikan masukan dan saranya dunk...klo ada yang salah dengan postingan di atas:P

    ReplyDelete
  18. makasih udah share tipsnya ya...:)

    ReplyDelete
  19. waw..... info yang bagus.... terima kasih infonya.... :)

    ReplyDelete
  20. hehhe selamat malam mbak nopha....makasih atas kunjungannya...salam sukses:-)

    ReplyDelete
  21. Pass banget nih dengan masalahku saat ini..... info yg sangat membantu dan berguna terima kasihhh atas infonya...!!!

    ReplyDelete
  22. makasih juga mas atas kunjungannya....semoga blog ini selalu bisa kasih yang bermamfaat buat orang lain..aminnnn:-)

    ReplyDelete
  23. kalau udah ketemu driver xp toshiba satelite c640 kasih linknya yah? trutama driver lan sm vga

    ReplyDelete
  24. insya allah klo ada nanti saya posting driver khusus toshiba satelite c640. tp driver paling lengkap ada kok di situs resmi thosiba gan.

    ReplyDelete
  25. driver LAN toshiba satellite C640 ane ga bs diinstal gan.......ane udah pusing dibuatnye....kira2 solusinya apa ya gan...mohon petunjuknya..thanks

    ReplyDelete
  26. douwnload aja di situs resmi toshiba gan...disana ada driver untuk windows xp dan windows7

    ReplyDelete
  27. Yo mas bro.. :)
    dimana nyari driver:
    - audio device on high definition audio bus
    - PCI simple communications controller
    - SM Bus
    - Video Controller (VGA Compatible)
    udah keliling.. capek..
    tolong yah..

    ReplyDelete
  28. itu mau di gunakan buat mesin merk apa gan?bisa kasih speak detail pc /laptop yang ingin di cariin drivernya gak?
    klo thosiba satelite pro c640 di instal windows xp memang susah mencocokkan drivernya...
    biasanya driver bawaan hanya di kasih driver untuk windows7 saja. tapi aja juga tu yang berhasil nemukan yg cocok di situs resmi thosiba

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.toshiba-asia.com/id/support/drivers
      coba cari disana mungkin ada yang cuocok bang jangan lupa kunjungi www.alinzakiyah.com

      Delete
  29. Sippp>> Thanks Kang, sangat membantu.

    ReplyDelete
  30. alhamdulilah...jika postingan ini berguna buat orang lain hehe..thanks juga atas kunjungannya gan

    ReplyDelete
  31. postinan di atas sudah saya jalankan sesuai dengan yg petunjuk,tp ada yg aneh saya uda coba beberapa windows xp saat instalasi sangat lambat untuk satu windows bisa satu malam,,itu jg hasilnya operasinya tidak sempurna karena sgt lambat,,....saya mohon solusinya dari teman2 yg lebih pandai dalam instalasi windows.terimakasih.

    ReplyDelete
  32. kemungkinan ada masalah pada kaset cd/dvd yang anda gunakan. mungkin juga disebabkan ada masalah pada cdroom di laptop anda..
    jangan lupa cek juga memory laptop anda..
    moga membantu

    ReplyDelete
  33. Mlm mas brow...
    ANe baru beli Toshiba satellite C800D, ane install windows7, office 2007, avira, sudah oke. Kebetulan belum ane partisi pas install windows, lalu ane partisi di sistem windows7 dengan bantuan tips http://infosinta.blogspot.com/2012/04/cara-mudah-partisi-harddisk-pada.html
    dan partisi berhasil.
    Kemudian ane shutdown tuh laptop.
    Pas ane nyalain lagi... ga mau masuk ke windows.. cuma nyampai start bios yang ada F2 dan F12nya... mungkin mas brow bisa bantu ane... Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya di instal ulang gan..karena system windowsnya sudah cacat.
      dan pada saat instal ulang lakukan parisi lagi .klo hardisknya gede jadikan partisi sampai 4 partisi.

      Delete
  34. lam kenal...
    ane baru inul win 7 ultimate 64 bit (toshiba satelitte pro c640), tapi selalu di tolak/eror tapi kalo pake win 7 64 bit tidak ada masalah.. ane mikirnya mgkin tu cd OS yang bermasalah dan ane sudah mencoba 5 OS win 7 ultimated x64 tetap ga bisa2 jg... Gmana ya cara ngatasinnya.., Ada solusi ga gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dari CDROOMnya gan gak bisa bacup ..

      coba gunakan CDROOM external ..

      erornya saat proses installnya sampai mana?

      Delete
    2. Sory gan..., ralat dikit... kalo install win 7 32 bit OK, tp kalo pake yg 64 slalu eror pas di awal dan ada peringatan "can run on your pc".
      Ane coba instal win 8 sama jg problemnya..
      Padahal Laptop ane suppurt yg 64bit.., ane pake toshiba satellite pro c-640

      Delete
    3. mungkin kaset CDnya yang bermasalah gan..coba pakek windows original

      Delete
  35. alamat resmi toshiba nh Gan (just share)
    Toshiba-asia.com

    Postingan yang bagus gan, sangat berguna dan bermanfaat.
    terus berkarya

    ReplyDelete
  36. alhamdulillaaahhh..ahirnya ketemu juga..makasih mas broo postingannya...sama persis dengan masalah toshiba L740 saya..sempat putus asa juga akhirnya masalah selesai..matur nuwuuunnn

    ReplyDelete
  37. Gan kalo masalah nya pada partisi gak bisa di install gimana, mentok di partisi kalo ane install, gak ada system nya +_- thanks di tunggu jawaban nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gimana yah?? aku bingung dengan pertanyaan km tuh.
      partisi itu bukan aplikasi atau software . partisi itu fungsinya untuk menambah drive hardishk misalnya 250gb dijadikan 4 drive c.drive d,drive e,drive f. gitu loohh

      Delete
  38. Makasih boss.. Muantab bangat.. Sangat mmbantu.. Thx sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah klo postingan ini bermamfaat buat teman2 yang membutuhkan

      Delete
  39. mantap gan ..
    sangat berpengaruh sekali ..
    DAMN !!!!

    ReplyDelete
  40. fuck and the BITCH !!!
    KICK MY ASSS !!!!
    PARTY SEX !!!!!
    DAMN !!!!!
    MOTHER FUCKER !!!
    HAND JOB BACOL !!!!!!

    ReplyDelete
  41. Q coba kok tetep aja gk bisa gan

    ReplyDelete
  42. laptop ane toshiba satelite c640 juga tapi masalahnya selalu masuk bios .. mohon bantuan menyelesaikan maslah ini gan T,T

    ReplyDelete
  43. Punya saya di advance tidak ada Virtualization technology nya boss gimana ya

    ReplyDelete